Download PP 80 Tahun 2010 tentang tarif PPh 21 untuk PNS, TNI, dan POLRI

Untuk teman-teman yang berprofesi sebagai PNS, TNI atau POLRI saya punya sedikit info nih tentang besaran tarif pajak PPh 21 yang baru keluar. Kalo dulu besaran tarif pajak PPh 21 yang dikenakan terhadap semua penghasilan yang bersumber dari APBN atau APBD untuk golongan III dan IV besarnya tarif adalah sama sebesar 15 %.
Dengan dikeluarkannya PP 80 Tahun 2010 tentang tarif pemotongan PPh 21 maka besaran tarif yang dikenakan terhadap golongan III dan IV berbeda, lengkapnya seperti ini:

1. sebesar 0 % (nol persen) dari jumlah bruto honorarium atau imbalan tain bagi PNS Golongan I dan Golongan II, Anggota TNI dan Anggota POLRI Golongan Pangkat Tamtama dan Bintara. dan Pensiunannya.

2. sebesar 5% (lima persen) dari jumlah bruto honorarium atau imbalan lain bagi PNS Golongan III, Anggota TNI dan Anggota POLRI Golongan Pangkat Perwira Pertama, dan pensiunannya


3. sebesar 15% (lima belas persen) dari jumlah bruto honorarium atau imbalan lain bagi pejabat Negara, PNS Golongan IV, Anggota TNI dan Anggota POLRI Golongan Pangkat Perwira Menengah dan Perwira Tinggi, dan Pensiunannya.


Sedangkan untuk yang tidak memiliki NPWP maka besaran pajak yang dikenakan lebih tinggi 20 % dari tarif yang ditetapkan. Nah lho, makanya buruan bikin NPWP.

Download PP 80 Tahun 2010 tentang tarif PPh 21


Kang Wahyudin

0 komentar:

Poskan Komentar